Selasa, 20 November 2012

Menabung dengan Cara yang BENAR & BAIK



Waktunya untuk meng-update blog gw, khusus kali ini gw akan membahas secara khusus tentang menabung dengan cara yang BENAR & BAIK. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menabung adalah suatu aktifitas menyimpan uang dan mengumpulkannya menjadi cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan kita. Supaya kita semangat untuk menabung maka kita harus punya tujuan yang jelas, untuk apa kita menabung?, contoh Liburan, beli gadget, tabungan menikah, dll.
"Ayoooo Menabung"
Banyak orang yang gagal dalam menabung karena tidak mempunyai tujuan & alasan yang jelas untuk menabung, contohnya gw, udah hampir 4 tahun bergelut di dunia kerja tapi tabungan gw di Bank setiap akhir bulan selalu di bawah Rp 100.000,-, begitu juga di dompet.. hahahahahahahahahaaa… berdasarkan pengalaman tersebut, akhir-akhir ini gw mulai berpikir untuk disiplin menabung, tujuan gw jelas “UNTUK JALAN-JALAN KE LUAR NEGERI”.. Hahahahahaha… 

Berikut gw akan membahas tips menabung yang BENAR & BAIK, berharap menginspirasi kalian semua untuk menerapkan dalam kehidupan setiap hari. Sebelum kita masuk pada point-point, gw hadapkan kalian dulu pada dua kasus dan kalian wajib memilih satu kasus yang cocok buat kalian:

Sumber penghasilanmu tiap bulan adalah kiriman dari orang tua.
Sumber penghasilanmu tiap bulan adalah gaji bulan.

Berhenti sejenak untuk memilih kasus yang cocok buatmu sebelum lanjut membaca.

Celengan yg Kuat, besar, & tahan Lama
bisa menjadi alternative tuk menabung
Cekidooooooooooooooooooooooooooooooooooooooot…

Waktunya membahas point-point menabung yang BENAR & BAIK:

Pertama: Sisihkan uangmu setiap bulan untuk menabung.
Menyisihkan uang bulanan untuk menabung adalah suatu prioritas yang harus dilakukan dan hal ini harus dilakukan pada saat menerima penghasilan. Jumlah dana yang disisihkan juga harus ditentukan dari awalnya misalnya Rp 1.000.000,- per bulan atau 30% dari total pemasukan bulanan. Perhitungan ini harus berdasarkan pada besarnya dana yang akan kita butuhkan pada tujuan menabung, misalnya tujuan loe menabung untuk liburan keluar negeri bulan agustus tahun depan & besarnya dana yang loe butuhkan adalah Rp 9.000.000,- itu artinya masih 9 bulan, maka total dana yang harus disisihkan supaya rencana liburan lo tercapai adalah Rp 1.000.000,- per bulan, hal ini keharusan sebab kalo 1 bulan saja gak nabung sebesar Rp 1.000.000,- maka rencana lo untuk liburan keluar negeri terancam batal hanya karena kekurangan dana, lo pasti gak mau itu terjadi khan???..
Sebaliknya aktifitas menabung yang gak benar adalah jika kalian berkomitmen untuk menabung dari sisa uang bulananmu.. Hahahahaha.. gw jamin, lo gak bakal bisa menabung kalopun bias hasilnya Cuma sedikit.. kayak gw selama 4 tahun tabungan gw dibawah Rp 100.000,-.
Menabung adalah Gaya Hidup

Kedua: Usahakan untuk tidak meminta-minta kepada orang lain.
Kebanyakan orang yang menabung adalah untuk menutupi kebutuhannya minta kepada orang terdekat supaya ada uang untuk ditabung. Hal ini tentu gak dibenarkan, salah satu tujuan menabung sebisa mungkin kebutuhan kita terpenuhi tanpa meminta uang lebih dari oranglain.

Ketiga: Kebutuhanmu untuk sebulan semua terpenuhi dengan baik.
menabung bertujuan untuk mencukupi kebutuhan kita yang mendesak dan penting. Jadi, janganlah merasa berat hati saat kita mengeluarkan sedikit tabungan kita untuk membeli kebutuhan kita, gak bijakasana jika kamu giat menabung sementara kamu gak punya dana untuk beli makan 3x sehari, bensin, vitamin, dll.

Keempat; Jangan tidak dermawan atau pelit.
menabung tujuannya baik. tetapi mengapa kita mesti jadi orang yang tidak dermawan atau pelit? Yang pasti perbuatan itu malah akan membuat hasil menabung kita adalah dari perbuatan buruk kita.

Kelima: Pendapatan dan pemasukan harus seimbang.
Usahakan supaya jumlah pengeluaran lebih sedikit ketimbang jumlah pemasukan.

Keenam: membeli barang dan jasa yang kita gunakan dengan hemat & berkualitas.
Misalnya lebih baik saya membeli paket telp & sms 1 bulan sekaligus ketimbang harus mengeluarkan dana setiap hanya untuk telp & sms setiap hari, hal ini tooh jauh lebih murah kalo beli yang paket, begitu juga dengan paket internet, harus membeli quota sesuai kebutuhan bulanan kita.

Ketujuh: Jangan Gengsi
Terlalu gengsi merupakan sikap yang menghancurkan  & bahkan bisa menceploskan kedalam lilitan hutang, misalnya semua teman pakai tablet, loe bersitegas untuk membeli tablet. Utamakan fungsi barang untuk loe  ketimbang gengsi. Gengsi bukanlah alat ukur kesuksesan manusia. Yaaaa gak seeeh???

Kedelapan: jangan terlalu berlebihan.
Semua yang berlebihan dalam dunia ini gak baik, kita tidak mungkin menabung terlalu banyak sampai menahan lapar,  gak refreshing, dll. Yaa tooh???

Kesembilan: persiapkan hari-harimu dengan matang.
misalnya saya makan terlebih dahulu sebelum berangkat kantor dan membawah makan dari rumah kekantor jadi saya tidak lapar dan bisa berhemat untuk makan siang. Atau pada saat makan siang selalu membeli makanan yang mahal. Hal itu juga saat bepergian. Persiapan sudah matang, mulai dari makanan & transportasi, jika ada yang terlewatkan atau lupa, terpaksa harus membeli makanan dan pengeluaran kita jadi dua kali lipat lebih banyak.

Hal inilah tips mudah yang dapat diterapkan supaya menabung dengan baik dan benar.

Selamat mencobaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar